Mengenal Fungsi Ruler Pada CorelDRAW

MP Tutorial Desain - Selamat siang teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan membahasa tentang Fungsi Ruler yang ada di CorelDRAW, Ruler menjadi komponen wajib yang harus anda pahami jika anda ingin belajar tentang desain grafis karena ketepatan dalam mendesain merupakan hal yang sangat penting, terutama untuk anda yang akan fokus dalam mendesain sebuah layout entah itu buku, spanduk, banner atau yang lainnya. Dengan bantuan Ruler ini lah yang nantinya akan menentukan sama atau tidaknya panjang lebar desain di CorelDRAW dengan hasil yang sebenarnya (setelah print out / cetak). Misalkan kita akan mendesain sebuah banner maka yang harus kita tentukan dahulu adalah ukuran dari banner yang akan dibuat, jika anda ingin banner dengan ukuran 4x2 meter maka file di CorelDRAW pun ukurannya harus sama yaitu 4x2 meter agar hasil print out nya tidak melenceng dari ukuran yang sebenarnya. 

Mengenal Fungsi Ruler Pada CorelDRAW

Mengenal Fungsi Ruler Pada CorelDRAW 

Untuk permulaan saya akan menyampaikan sedikit ulasan tentang Fungsi Ruler.

Ruler : merupakan bantuan fungsi berupa penggaris yang berguna untuk mengatur suatu objek secara pasti dan tepat dengan tingkat presisi sangat tinggi, Ruler dalam CorelDRAW disediakan dalam posisi vertikal dan horizontal.

Diatas adalah deskripsi dari Fungsi Ruler, intinya Ruler adalah penggaris yang dapat kita gunakan dalam CorelDRAW, Ruler ini sangatlah akuran dalam urusan mengatur ukuran dari desain yang sedang kita buat, untuk nanti keperluan cetak jika ukuran dalam Ruler sudah pas maka hasil yang kita dapat pun akan sesuai dengan yang kita harapkan.

Selanjutnya saya akan menjabarkan Unit / Satuan Ukuran yang terdapat di CorelDRAW, satuan ukuran dalam perangkat lunak ini juga sangat lengkap kita dapat menggunakan unit millimeter, Centimeter, Meter sampai kilometer, sangat lengkap bukan? Memang corelDRAW sangat dapat diandalkan dalam urusan membuat desain entah untuk keperluan membuat logo/vector sampai ke tingkat percetakan yang menggunakan ukuran pasti. Kita lanjutkan pembahasannya. 

Satuan Panjang (Jarak)
1 cm = 100 mm
1 Inches = 2,54 cm (Inches biasanya digunakan untuk mengukur panjang secara diagonal)
1 mile = 1760 yard
1 yard = 3 feet = 914.4 mm
1 m = 100 cm
1 km = 1000 m

Sepertinya penjelasan satuan panjang diatas sudah anda ketahui karena merupakan pelajaran dasar yang kita peroleh saat di bangku SD, tinggal anda mengingatnya kembali saja. :D 

Masuk Pada Materi 

Silahkan buka CorelDRAW anda, lalu rubah Unit / Satuan Ukurannya, saya menggunakan Satuan Centimeter, silahkan lihat gambar dibawah ini :
Gambar1. Memunculkan Pengaturan Unit / Satuan Ukuran
Gambar diatas adalah cara untuk mengatur Unit / Satuan Ukuran, anda juga dapat menggunakan tombol shortcut “ CTRL+ J ” untuk memunculkan pengaturan unit.
Jika sudah, maka satuan ukuran dalam corelDRAW anda akan berubah, ini bisa anda lihat pada page dimension yang letaknya di Property Bar.
Gambar 2. Satuan Ukuran sudah berubah menjadi Centimeter
Buatlah persegi menggunakan Rectangle Tool, setelah jadi silahkan buat ukuran dari persegi tersebut.
Gambar 3. Membuat Objek berupa persegi panjang

Kali ini saya akan membuat spanduk pesanan dari Polres Kebumen dengan ukuran 6x1 meter. Karena saya menggunakan Ukuran satuan centimeter makan ukurannya menjadi 600x100 Cm.
Gambar 3. Mengatur Panjang Lebar Persegi Panjang
Saat ini persegi panjang yang kita buat telah sesuai dengan ukuran aslinya yaitu 6x1 meter, pada tahap ini silahkan anda buat sesuka hati desain dari spanduknya, bisa anda tambahkan text dan gambar untuk mempercantik spanduk.
Inilah spanduk setelah jadi dan belum dicetak, ukurannya 6x1 m
Gambar 4. Spanduk dengan ukuran 6x1 meter
Spanduk setelah dicetak dan terpasang di jalan kota kebumen
Gambar 5. Spanduk setelah dipasang dijalan
Bagaimana cukup mudah bukan untuk memahami Fungsi Ruler ? dengan bantuan Ruler ini kita dapat membuat desain dengan ukuran sama persis sekita dicetak, tentu ini sangat berguna untuk anda yang ingin membuat desain yang focus pada bidang setting seperti percetakan.

Sekian tutorial mengenai “Mengenal Fungsi Ruler Pada CorelDRAW “ semoga dapat menambah wawasan anda tentang CorelDRAW dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.